fbpx

Why CAM Pro ?

Why CAM Pro ?

Mesin CNC

Computer Numerical Control atau yang disingkat CNC merupakan mesin produksi berbasis komputer yang dikendalikan dengan menggunakan bahasa numerik, yaitu perintah berupa kode huruf dan angka yang dapat dipahami oleh komputer (bahasa pemrograman). Sebelum mengoperasikan mesin CNC kita dapat mengetahui proses pembuatan benda dan hasil akhirnya dengan menggunakan software CAM (Computer Aided Manufacturing). 

cam-pro-image4

Langkah-langkah CAM Manufacturing

Dalam pengoperasian software CAM Manufacturing terdiri dari beberapa langkah, yaitu: 

  1. Pembuatan model benda kerja dengan menggunakan software CAD dan mengekspor file CAD ke CAM.
  2. Pengecekan model oleh software CAM apakah ada error yang dapat mengakibatkan ke dalam proses manufakturnya.
  3. Pembuatan jalur pengoperasian yang akan diikuti oleh mesin CNC
  4. Pengaturan parameter yang dibutuhkan seperti kecepatan potong, jenis pahat, kedalaman potongan, dll.
  5. Hasil akhir, dan sistem CAM akan memberi opsi lain untuk memaksimalkan proses produksinya.

Software CAM

Kenapa kita harus menggunakan software CAM? Apa keuntungan dari software tersebut? Dengan menggunakan software CAM dapat mengurangi terjadinya error atau kegagalan dalam pembuatan suatu produk baru, sehingga dapat mengurangi biaya rancangan dan produksi secara keseluruhan. Selain itu juga dapat membantu mengembangkan proses perencanaan dan jalur material yang digunakan, mengurangi proses produksi untuk membuat sebuah prototipe karena tidak perlu membuat produk secara berulang agar mendapatkan hasil yang sesuai, dan masih banyak lagi keuntungan jika kita menggunakan software CAM. Salah satu software CAM yang terkenal yaitu “CAM Pro”. 

Mengapa CAM Pro ?

Cam Pro by Siemens merupakan salah satu software terkenal yang sudah banyak digunakan, software ini juga sangat mudah digunakan bagi pemula karena sudah tersedia tutorial yang disediakan dan sangat mudah untuk mengikuti tutorialnya. Selain mudah digunakan CAMpro juga memiliki 2.5 axis sampai dengan 5 axis sehingga pemrosesan lebih fleksibel dan mendapatkan hasil yang akurat. CAM Pro juga terintegrasi dengan software CAD Solid Edge, kita dapat membuat desain 3D dengan menggunakan software Solid Edge dan memasukkan desain ke software Cam Pro semudah “One Click”, data desain yang sudah ada dari Solid Edge tidak akan berubah. Superior Tool Path Visualisation merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam software Cam Pro, fitur tersebut terdiri dari beberapa fitur lain yaitu:
  1. Tool Path Visualisation, dengan adanya fitur ini dapat mengetahui jalur pemotongan proses produksi yang akan dilakukan dan material yang akan terpotong.
  2. Machine Simulation, dengan menggunakan fitur ini kita dapat mengetahui proses simulasi produksi dengan menggunakan mesin CNC nantinya akan terlihat seperti apa.
  3. Tool Path Based
  4. G-Code Based

Adaptive Clearance Tool Path

Terkadang dalam proses pengerjaan milling yaitu pola potong normal memvariasikan jumlah material yang terpotong, maka dari itu kadang kecepatan potong terlalu tinggi yang mana dapat merusak pahat, atau kecepatan potong terlalu rendah dan pemrosesan lebih lambat dari yang seharusnya. Adaptive Clearance Tool Path dapat memberikan solusi tersebut dengan menjaga ketebalan mata pahat yang konsisten melalui berbagai variasi step over dan menjaga kecepatan potong tetap konstan. Jika kecepatan potong konstan maka proses pengerjaan dapat berjalan dengan maksimal. Dengan cara itu maka material akan dapat cepat terpotong dan mengurangi waktu pengerjaan proses produksi, dan membuat pahat menjadi lebih awet.

PMI (Product Manufacturing Information)

PMI merupakan dimensi, toleransi, dan informasi manufaktur lainnya yang diimplementasikan pada model geometri. Metode lama untuk mendapatkan informasi ini yaitu dengan menaruh semua datanya pada lembar drawing. Dengan metode lama itu dapat memperlambat proses pengerjaan dan kesalahan data yang didapat untuk proses manufakturnya. Dengan adanya PMI dapat mengaktifkan Model-Based Engineering. Kita dapat memindahkan data PMI dari desain yang dibuat di Solid Edge ke CAM Pro dengan sangat mudah. Hanya dengan mengklik “Sending Files to Solid Edge CAM Pro” maka semua data akan langsung di transfer ke CAM Pro. 

Software CAM Pro memiliki banyak kelebihan dan keuntungan dibandingkan dengan software CAM yang lain tapi, bagaimana untuk mendapatkan software CAM Pro dan melatih kemampuan software tersebut dari awal hingga menjadi mahir? Di Evolusi 3D kami menyediakan software CAM Pro dan juga pelatihan dari tingkat dasar hingga tingkat lanjutan, dan tentunya juga mendapatkan sertifikasi. Untuk mengetahui lebih lanjut program pelatihannya bisa dicek website resmi kami di https://learn.evolusi3d.com

Teknologi Lainnya

generative design

Apa itu Generative Design ?

Teknologi Teknologi Dikenal dengan optimasi topologi, adalah proses menentukan dasar bentuk yang paling efisien berdasarkan bahan, batasan, dan tekanan tertentu. Generative Design menghasilkan model dari

Lihat Selengkapnya »